Tanggapan Kang Abik tentang film AYAT AYAT CINTA

Ini adalah tulisan yg diambil dari tabloid NYATA mengenai tanggapan Kang Abik tentang film Ayat Ayat Cinta:

Meski ada byk perubahan, penulis novel Ayat Ayat Cinta, Habiburrahman El Shirazy menilai film garapan Hanung Bramantyo sangat bagus. Bahkan dia berharap film yg diadopsi dari novel karyanya itu bisa berperan dalam membangun kebaikan dinegeri ini.

”Saya sangat puas dgn hasil film itu. Menurut saya sdh baik, tapi masih bisa ditingkatkan lg”. Kata novelis yg akrab disapa Kang Abik itu usai menonton pemutaran perdana film AAC di Jakarta. Bahkan Kang Abik menyatakan, dia berharap sineas muda Indonesia bs membuat film sebagus AAC. Kalau memungkinkan jauh lebih baik lg.

”Sehingga negeri ini benar2 menjadi negeri yg baik. Ada semacam Pastabikul Khairat gt lah. Berlomba2 dalam kebaikan”, harap Kang Abik.

Soal pengembangan cerita seperti adanya kisah poligami di film AAC, dinilai Kang Abik sesuatu yg wajar. Menurutnya, selama tdk ada hal yg bertentangan dgn syariat Islam, baginya tdk menjadi masalah.

”Kalau mungkin ada beberapa yg masih kurang bagus, saya sudah mencoba memberi masukan. Tapi secara umum film ini insya Allah baik”, katanya.

Kang Abik juga tak keberatan dgn pengembangan cerita kehidupan rumah tangga Fahri, Aisha dan Maria. Menurutnya itu merupakan salah satu jawaban atas kritik terhadap novelnya yg dianggap akhir ceritanya terlalu mendadak.

”Kami mencoba merespons atau berempati kpd teman2 yg merasa kurang puas dgn ending dinovel. Artinya mencoba yg terbaik”, ungkap Kang Abik.
Namun Kang Abik menyadari, akibat pengembangan itu pesan yg disampaikan difilm berbeda jauh dgn yg ingin disampaikan dinovel.

”Kisahnya saja sudah berbeda, bisa dipahami ada bahasa2 hati yg tidak bisa dicover atau disampaikan lewat bahasa gambar”, pungkas Kang Abik.

Bagaimana menurut kalian? menurut gw sih, orang yg bilang film AAC jelek adalah orang yg menginginkan kesempurnaan. Sementara Qt semua tau bahwa kesempurnaan hanya milik Allah SWT. Seperti Kata Kang Abik : Bahasa Novel itu berbeda dengan bahasa perfilman.

~ oleh Firman pada Februari 26, 2008.

7 Tanggapan to “Tanggapan Kang Abik tentang film AYAT AYAT CINTA”

  1. Pelajaran penting (buat saya):
    1. kalo ingin mempertahankan imajinasi kita seusai membaca bukunya, ndak usah nonton film-nya
    2.kalo ingin mengembangkan imajinasi kita, tontonlah filmnya – tapi siap2lah kecewa.
    Untuk “ayat-ayat cinta” saya pilih yg pertama, kenapa? soalnya saya belum yakin dengan kemampuan produser (perusahaan) film kita menampilkan cerita spt itu….., mungkin beda kalo produsernya dari Newline Cinema, 21st Century Fox atau Universal Studios.

  2. ahhhhh….. jadi makin pengen nontonn……

  3. Karyanya tetep harus dihargai kan bang?
    semoga para sineas kita juga makin terpacu buat berkarya

  4. no body’s perfect kata orang inggris bilang, ya setidaknya mampu memberikan contoh meskipun belum sempurna, dimana bisa menaikkan citra Islam dimata dunia…
    tapi sedikit kritakan soal Kissing2nya itu yang saya kurang setuju meskipun ada anggapan itu ga pa kan hubungan sah (tapi visualisasinya kan ga harus ditunjukkan) toh tidak mengurangi nilai cerita….
    hidup dunia perfilman Indonesia………….buat yang bermutu ga cuma asal cari untung

  5. Aku nggak tertarik sama film itu.
    Bagi yang berminat aku baru memposting artikel ” Siapa Butuh Akademi Cinta?”

    Trims

  6. […] sinematografi, karena aku tidak punya kapabilitas apa-apa di bidang itu. Dan aku juga tidak bisa membandingkan dengan novelnya, karena aku belum membacanya sama […]

  7. saya setuju dengan tanggapan pertama…
    bukan berarti menafikan kalimat no bodys perfect…

    akan tetapi… ruh yang dimiliki novel… menguap entah kemana ketik a divisualisasikan dalam bentuk film….

    wallahu a`lam…
    karena kita cuma bisa menilai….

Tinggalkan Balasan

 
